Site Network: Home | Kirim Naskah | Peta Situs | About

Batik Warisan Budaya Indonesia

Batik merupakan salah satu bentuk ekspresi kesenian tradisional dari kreativitas individual dan kolektivitas manusia-manusia Indonesia. Proses perkembangannya ditempa melalui kristalisasi pengalaman, yang pada akhirnya membentuk identitas kepribadian. Tumbuh dan berkembang di tanah Indonesia sebagai manifestasi kekayaan budaya daerah-daerah perbatikan, seperti Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, Indramayu, Madura, Lasem, Sukoharjo, dan daerah perbatikan lainnya. 

Sebagai kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, sudah secara otomatis pula, batik indonesia menjadi kesenian tradisional milik Indonesia pula. Ketika tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan sebagai hari batik nasional, masyarakat Indonesia menyambutnya dengan gembira. Karena, sudah ada lembaga internasional yang mematenkan batik indonesia sebagai budaya Indonesia. Dengan demikian, harapannya, tidak ada lagi negara lain yang bisa menyerobotnya (mengklaimnya). 

Buku Batik, Warisan Budaya Indonesia ini menyoroti proses panjang sejarah perkembangan batik di indonesia; jenis dan motif-motif batik yang berkembang di Indonesia; proses dan cara membuat batik; dan merawat batik agar warnanya tetap indah.

By: www.penerbit-narasi.com

0 Comments:

Post a Comment